Senin, 08 April 2013

Motivasi : Aku Adalah Apa Yang Harus Aku Lakukan

Aku Adalah Apa Yang Harus Aku Lakukan

(Oleh agung wahyudi Mahasiswa IAIN Surakarta)


Ketika Aku meliihat  ada  segerombolan orang, ada yang duduk, berjalan, di sebuah gedung-gedung yang tertingkat, mereka menimba ilmu dengan penuh semangat tak peduli latar belakang mereka masing-masing  menjadi satu sebuah keluarga besar  dinamakah kampus penuh wacana  ilmu dan keislaman disitulah seseorang ingin belajar menjadi pemimpin dengan prinsip “ agen of change   “.

Sebaliknya aku melihat seseorang yang sedang  duduk disudut kelas, mereka terkadang senyum,menangis, terkadang dengan wajah tampak gembira dan penuh kekecewakan, mereka ditemani sebuah benda kemanapun pergi selalu dibawa benda itu adalah sebuah elektronik dengan dua huruf yang bisa merubah keadaan orang itu, benda itu adalah hp.

Terbukti, ibarat kata aku adalah apa yang harus aku lakukan maksudnya dengan  arti segala sesuatu  yang dilakukan kemanakah arah yang akan dituju. sebagaimana kita ketahui arah yang dituju diharapkan membawanya ke arah yang lebih baik, sebuah keinginan mahasiswa dengan latar belakang berbeda-beda itu yang sedang menimba ilmu. Sebagai pemimpinpun mereka inginkan.

Anak muda adalah generasi penerus bangsa, jadilah anak muda yang sudah bisa memimpin bangsa, yakinlah anak muda mampu menjadi pemimpin. Contoh Muhammad alfatih adalah anak muda dari persia mengapa disebut dengan sang penakluk konstantal karena dengan usia muda sudah bisa meruntuhkan kerajaan terbesar ke dua didunia padahal tidak ada negaramanapun yang bisa mengalahkannya, hanyalah Muhammad alfatih yang bisa menagkulkanya dan menuliskan  atatu menggambarkan sejarah dunia dalam kejadian ini salah satu kejaan islam.

Sebuah cerita ini yang akan membangkitkan kita untuk slalu berkarya dengan ide ide yang kreatif untuk menjadi perubahan yang lebih maju dan  baik Jika keras terhadap diri sendiri maka dunia akan bersikap lunak padamu, tapi sebaliknya jika kamu lunak terhadap dirimu maka dunia akan keras terhadapmu artinya menaklukan dunia apa ditaklukan dunia. Dan jadilah “orang kecil” yang berpikir besar ? Jangan jadi “orang besar” yang berpikir kecil atau sempit.

Cita-cita bukan hanya terkait dengan sebuah profesi namun lebih dari itu ia adalah sebuah tujuan hidup. Seperti ada seseorang yang bercita-cita ingin memiliki harta yang banyak, menjadi orang terkenal, mengelilingi dunia, mempunyai prestasi yang bagus dan segudang cita-cita lainnya. Namun seorang muslim tentunya akan menempatkan cita-citanya di tempat yang paling tinggi dan mulia yaitu menggapai keridhaan dan keberkahan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar